[TERUNGKAP] Fungsi Belang Hitam Putih Pada Zebra

Mungkin seperti tidak ada kerjaan lain yah, tetapi pernahkah Anda bertanya fungsi belang hitam putih pada zebra ? Tuhan pasti menciptakan segala sesuatu di dunia dengan tujuan tertentu, seperti contohnya kulit singa yang mirip warna rumput menguning merupakan samaran yang bagus saat mengincar mangsanya.

Jadi, pasti ada kegunaannya.

Nah, lalu bagaimana dengan loreng-loreng kulit zebra? Adakah kegunaannya?

Beberapa ilmuwan pernah berpikir bahwa hal itu berfungsi sama dengan beberapa hewan lainnya, yaitu kamuflase untuk menghindarkan dirinya dari sergapan predator. Sayangnya hal itu tidak terbukti. Habitat zebra kebanyakan tinggal di padang rumput dan justru loreng hitam mereka menjadikan mereka mudah dikenali.

Pertanyaan tersebut pada akhirnya terjawab dan fungsi belang hitam putih zebra terungkap setelah para ilmuwan melakukan beberapa percobaan.

Fungsinya ternyata adalah membuat lalat menjauh dan tidak mau hinggap di tubuh mereka. Jawaban ini ditemukan setelah

  1. Ilmuwan Jepang melakukan percobaan dengan sapi, dimana 4 di antaranya diberi lukisan loren hitam putih ala zebra (Sumber : Interesting Engineering)
  2. Ilmuwan Amerika Serikat, Tim Caro yang melakukan percobaan yang sama dengan kuda (Sumber : PLOS ONE)

Kedua penelitian di negara yang berbeda itu menghasilkan sebuah kesimpulan yang sama, yaitu dibandingkan dengan yang tidak diberi loreng, jumlah lalat yang hinggap di sapi dan kuda “loreng” 50% lebih sedikit .

Peneliti menduga bahwa garis-garis hitam putih pada tubuh telah mengganggu mata faset yang dimiliki lalat dan membuatnya mengalami kesulitan untuk mendarat di tubuh binatang itu.

Berkurangnya lalat yang hinggap sama artinya dengan berkurangnya bahaya bagi sang zebra, mengingat di kawasan Afrika terdapat lalat tzetze yang berbahaya bagi hewan dan manusia karena menyebabkan penyakit “tidur” yang mematikan.

Penemuan ini ditemukan juga sangat membantu para peternak sapi dan kuda yang kerap menghadapi gangguan lalat pada ternak mereka. Biasanya, untuk mengurangi masalah ini, penggunaan pestisida merupakan hal yang lazim.

Sayangnya, pestisida adalah zat yang berbahaya bagi ternak sendiri dan tidak ramah lingkungan. Dengan pengetahuan tentang manfaat belang hitam putih ala zebra, para peternak bisa mengurangi masalah itu dengan membuat loreng pada ternak sapi dan kuda mereka. Lebih ramah lingkungan , tidak berbahaya, dan pastinya lebih murah.

Share tulisan ini untuk membantu lingkungan

admin

Related post