Tempat Sampah Unik : Robot R2-D2 Star Wars Bisakah Beroperasi di Indonesia

Pernah nonton film Star Wars? Pasti pernah. Film ini pernah merajai box office perfilman dunia dengan tema science fiction. Kalau pernah, pastilah Anda semua pernah melihat satu sosok unik yang bisa berbagai bahasa di jagad raya. Ya betul sekali! Sebuah robot kecil yang bernama R2-D2 (Artoo Detoo).

Benda yang selalu menggelinding kesana kemari bersama kawannya si android C-3PO yang penakut.

Nah, ternyata sosok si ahli bahasa ini bisa hadir dan ikut membantu menjaga lingkungan, terutama di rumah Anda. Selama Anda mau mengeluarkan tentunya. Tentu juga bukan dalam versi yang bisa berbiicara dan menerjemahkan bahasa.

Bentuknya adalah tempat sampah.

Tempat sampah unik ini diperjualkan via supermarket online terkenal Amazon.

Memang sebuah ide yang unik tetapi brilian. Kehadiran sosok yang disukai jutaan anak di dunia ini, tentunya dapat menanamkan kesadaran untuk sampah pada tempatnya.  Anak-anak pasti akan selalu ingat dimana mereka harus menjejalkan benda-benda tak terpakai. Mungkin itu yang terbayang oleh desainernya saat merancang tong sampah unik ini.

Meskipun demikian, ada keraguan kalau si R2-D2 akan berhasil menjalankan tugasnya kalau hadir di Indonesia. Selain karena kesadaran masyarakat Indonesia masih teramat sangat rendah dalam urusan lingkungan. Juga ada hal lain.

Hal lain itu adalah harganya.

Amazon memajang harga US$ 294.44 untuk si tempat sampah unik ini. Nilainya sama dengan hampir 4 1/2 juta rupiah.

Jangan-jangan, kalau di Indonesia, tong sampah ini tidak akan dipakai sesuai fungsi aslinya, yaitu sebagai tempat menaruh sampah. Lebih mungkin dijadikan pajangan saja, yang dielus dan dibelai. Mungkin saja anak-anak malah akan dilarang menaruh sesuatu yang kotor di dalamnya.

Buktinya, tong sampah biasa berharga ratusan ribu saja, kerap dibiarkan kosong, sementara sampah dibiarkan bertebaran disana-sini.

Iya kan?

Tags:
author

Author: