Porsche Hentikan Produksi Mobil Diesel

Dilansir dari berbagai media di Eropa (salah satunya BBC), Porsche, perusahaan produsen mobil sport mewah yang berbasis di Stuttgart, Jerman telah mengumumkan bahwa mereka akan segera menghentikan produksi mobil diesel.

Di masa depan, anak perusahaan dari Volkswagen ini akan memfokuskan pada pembuatan mobil hybrid dan mobil elektrik.

Oliver Brume, Chief Executive Officer Porsche menyebutkan keputusan tersebut tidak disebabkan karena mereka memandang mesin berbahan bakar solar sebagai “biang keladi” dan menganggapnya sebagai sesuatu yang buruk. Ia menyebutkan dasar dari kebijakan ini adalah karena selama ini diesel memang tidak berperan dominan bagi perusahaan itu.

Meskipun demikian, banyak pihak menduga bahwa keputusan itu diambil karena kemungkinan terjadinya penurunan permintaan terhadap mobil diesel di masa yang akan datang. Hal ini berkaitan dengan kemungkinan dilarangnya penjualan mobil diesel di beberapa kota di Jerman terkait dengan masalah polusi udara, yang salah satu penyebabnya adalah penggunaan mesin diesel.

Selain itu, keputusan ini juga mungkin disebabkan karena terjadinya skandal kecurangan dalam hal tes emisi mobil yang dilakukan induknya, Volkswagen di tahun 2015. Perusahaan yang populer disebut VW itu mendapatkan hukuman denda sebesar 900 juta Poundsterling akibat kecurangan yang dilakukannya itu.

Kebijakan penghentian produksi mobil bermesin diesel ini, tentunya disambut pro dan kontra oleh banyak kalangan. Tetapi, para pecinta lingkungan menyambut baik rencana Porsche karena hal itu berarti berkurangnya polusi udara dalam bentuk Nitrogen Oxida yang terkandung dalam asap buangan mobil diesel.

Penghentian ini berarti akan mengurangi sumber polusi tersebut.

Share tulisan ini untuk membantu lingkungan

admin

Related post