Perancis Akan Menghentikan Produksi Minyak dan Bahan Bakar Fosil Pada Tahun 2040

Perancis akan menghentikan produksi minya bumi dan bahan bakar fosil pada tahun 2040

Angka 2040 sepertinya menjadi sebuah angka keramat bagi Perancis. Pada tahun tersebut pemerintah yang berkuasa saat ini di bulan Juli 2017 sudah mengumumkan akan menghentikan penjualan mobil berbahan bakar bensin dan solar. Pada bulan September tahun yang sama, pemerintahan yang sama mengajukan rancangan undang-undang yang akan menghentikan produksi minyak bumi dan bahan bakar fosil mulai tahun 2040 (sumber : Reuters).

Langkah ini memang menunjukkan komitmen negara dimana Menara Eiffel berada itu untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mencegah pemanasan global.

Apabila rancangan undang-undang ini disahkan, maka akan ada 63 pengeboran minyak yang akan ditutup dan produksi lebih dari 15 ribu barrel perhari akan terhenti.

Rencana ini tidak berarti bahwa Perancis akan tidak memakai bahan bakar fosil setelah 2040. Negara tersebut akan tetap mengimpor dan mengilang minyak bumi di negaranya untuk memenuhi kebutuhan dalam negerinya. Walaupun penjualan mobil berbahan bakar bensin dan solar sudah dihentikan, tetapi mobil-mobil yang sudah ada masih akan tetap beroperasi selama beberapa tahun ke depan.

Langkah ini merupakan salah satu langkah dari rentetan tindakan yang dilakukan negara tersebut untuk menghentikan penggunaan berbagai bahan bakar yang berasal dari fosil yang merupakan salah satu penyumbang gas rumah kaca ke atmosfir.

Salah satu rencana kebijakan lainnya adalah untuk mengurangi pemakaian batubara untuk menghasilkan listrik sebanyak 50% yang akan diberlakukan tahun 2022.

Perancis adalah negara pertama yang berani mengambil tindakan untuk menghentikan produksi bahan bakar minyak.

Tags:
author

Author: