Parlemen Uni Eropa Mengesahkan Pelarangan Plastik Sekali Pakai

Tanggal 24 Oktober 2018, suatu saat, akan menjadi sebuah catatan yang akan selalu diingat banyak orang di kemudian hari. Pada tanggal tersebut, sebuah langkah besar dilakukan umat manusia untuk mencoba menghentikan kerusakan lingkungan akibat penggunaan plastik yang berlebihan.

Peristiwa yang terjadi pada hari itu adalah Parlemen Uni Eropa mengesahkan pelarangan 10 jenis plastik sekali pakai di wilayahnya. Dengan keputusan ini, maka semua negara yang tergabung dalam Uni Eropa menyetujuia untuk mengurangi berbagai produk plastik sekali pakai yang beredar di negara masing-masing.

Pengesahan ini akan membawa dampak besar dalam berbagai bidang, baik gaya hidup atau juga dari sisi ekonomi. Apalagi, Masyarakat Uni Eropa secara total memiliki populasi yang besar, hampir 10 persen dari total 6 milyar penduduk dunia.

Pengaruhnya diperkirakan akan menyebar ke berbagai penjuru dunia lainnya dan diperkirakan akan mengilhami banyak negara lain untuk melakukan hal yang serupa.

Alasan dari persetujuan ini adalah karena penggunaan plastik sekali pakai telah menimbulkan banyak dampak negatif kepada lingkungan, terutama lautan. Dan, para pengambil keputusan telah melihat ancaman yang semakin besar yang bisa membahayakan dunia di masa datang akibat kemanjaan dan kurang bijaksananya manusia dalam penggunaan plastik.

Parlemen Uni Eropa Mengesahkan Pelarangan 10 jenis Plastik Sekali Pakai A

Adapun jenis plastik sekali pakai yang dilarang penggunaannya adalah seperti tersebut di bawah ini.

  • Korek kuping plastik
  • Sedotan plastik
  • Piring dan alat makan plastik
  • Pengaduk minuman
  • Tongkat balon
  • Plastik yang bisa terurai cepat (OXO-Degradeable Plastic)
  • Wadah dan cangkir yang terbuat dari polistirena

Pelarangan ini akan dimulai pada tahun 2021 setelah semua negara yang tergabung dalam Uni Eropa melakukan penyesuaian hukum di negara masing-masing.

Selain berbagai jenis produk plastik sekali pakai yang dipakai untuk konsumsi, Uni Eropa juga akan melakukan berbagai tindakan yang berkaitan dengan produk plastik yang dipergunakan bidang lian. Salah satunya adalah perikanan yang juga banyak mempergunakan plastik sekali pakai.

Keputusan lain yang juga disambut para pecinta lingkungan adalah bahwa akan dibuatkan skema dimana produsen produk-produk plastik harus ikut menanggung biaya untuk pembersihan sampah plastik di Eropa.

Pengesahan ini disambut gembira oleh banyak pemerhati lingkungan, seperti Greenpeace, yang sudah sejak lama gencar menyuarakan bahaya plastik bagi lingkungan. Bisa dikata keputusan ini juga merupakan kemenangan awal bagi lingkungan. Seperti diketahui, banyak produsen plastik besar di dunia berusaha melobi para pengambil keputusan untuk tidak mengesahkan pelarangan ini.

(Baca Juga : Di Kota Ini Anda Harus Membawa Kantung Belanja Sendiri )

Sebuah keputusan dan langkah yang besar dan juga tidak berlaku segera. Tetapi, dengan keluarnya keputusan ini, sebuah langkah maju sudah dilakukan untuk menghindari kerusakan yang lebih parah di masa yang akan datang.

Indonesia kapan? Entahlah

——

Sumber :

  1.  European Takes Historic Stand Against Single Use Plastic Pollution
  2. Plastic Oceans: MEPs back EU ban on throwaway plastics by 2021
Share tulisan ini untuk membantu lingkungan

admin

Related post