Menggunakan Sepeda Motor Listrik (Elektrik)? Lingkungan Akan Diuntungkan

Para pecinta lingkungan hidup tentunya bergembira ketika mendengar beberapa produsen sepeda motor mempertimbangkan untuk mulai memasarkan sepeda motor listrik di Indonesia.

Sebenarnya, ini adalah sebuah kabar yang sangat baik bagi semua orang di negara yang memliki populasi sepeda motor mencapai 100 juta buah ini. Jika, terwujud dan rakyat Indonesia beralih menggunakan sepeda motor listrik dalam bertransportasi, hasilnya bisa sangat menguntungkan.

Paling tidak, ada dua keuntungan yang jelas akan didapat oleh negara ini dalam hal lingkungan.

1) Berkurangnya polusi udara

Pernah terbayangkan berapa banyak emisi gas pengotor udara tersembur keluar knalpot setiap harinya ketika 100 juta sepeda motor menjelajahi jalan? Sulit untuk menghitungnya. Yang pasti akan sangat besar.

Emisi gas ini menimbulkan polusi udara yang menurunkan kualias udara yang dihisap oleh manusia. Gas yang keluar dari knalpot pun sangat berpotensi merusak ozon dan atmosfir serta menambah kuatnya efek rumah kaca.

Jika, ke 100 juta sepeda motor konvensional bisa digantikan oleh 100 juta sepeda motor listrik, otomatis emisi gas polutan akan menghilang. Sebagai daya penggerak mesin, sepeda motor elektrik, sesuai namanya memanfaatkan listrik yang tidak menghasilkan gas yang mengotori udara.

2) Penghematan Sumber Daya Minyak Bumi

Indonesia bukan lagi anggota dari OPEC atau Organisasi Negara Pengekspor Minyak Bumi. Hal itu disebabkan produksi minyak bumi Indonesia yang bahkan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri sendiri saja tidak cukup.

Cadangan terbukti minyak mentah pun sangat sedikit. Suatu waktu, jika cadangan ini habis, maka Indonesia akan bergantung kepada suplai dari lur negeri. Hal ini tentunya akan menimbulkan dampak di segala sektor, mulai ekonomi hingga politik.

Jika, 50% saja pengguna sepeda motor beralik menggunakan sepeda motor listrik (elektrik), akan terdapat penghematan jutaan liter minyak bumi.

Hal ini akan memperlama habisnya cadangan yang ada.

3) Berkurangnya polusi suara

Suara yang ditimbulkan oleh sepeda motor listrik lebih halus dibandingkan sepeda motor bensin.

Otomatis pula, maka polusi suara yang disebabkan pengguna sepeda motor akan berkurang ketika semua beralih menggunakan sepeda motor listrik.

Masalah utama yang dihadapi saat ini, dan membuat banyak produsen motor listrik merasa ragu untuk memasuki pasar Indonesia adalah mengenai infrastruktur dan juga budaya.

Hingga saat ini masih belum tersedia prasarana umum untuk melakukan pengisian ulang baterai , padahal sepeda motor listrik sangat membutuhkan pengisian ulang. Begitu juga kebiasaan yang sudah ada dimana masyarakat Indonesia masih terbiasa dan merasa nyaman menggunakan ver non elektriknya.

Walaupun sepeda motor listrik memang menawarkan keuntungan, tetapi mMasih butuh waktu hingga pasar sepeda motor listrik Indonesia terbentuk dan mengundang investor dan produsen.

Share tulisan ini untuk membantu lingkungan

admin

Related post