Manfaat Kerja Bakti Bagi Lingkungan Dan Kehidupan

Kerja bakti bukanlah sebuah kegiatan favorit banyak orang. Banyak dari anggota masyarakat bahkan akan berusaha menghindarinya ketika undangan dari RT atau RW meminta mereka untuk ikut serta dalam kegiatan ini.

Banyak orang menganggap bahwa hal ini adalah sesuatu yang sia-sia dan hanya menghabiskan waktu saja. Mereka lebih suka menghindar atau membayar supaya bisa terhindar dari keharusan untuk hadir.

Padahal, kerja bakti merupakan salah satu perwujudan dari gaya hidup hijau atau gaya hidup ramah lingkungan.

Lingkungan Perlu Dipelihara

Banyak orang tidak menyadari bahwa lingkungan dimana manusia tinggal perlu dipelihara dan mendapatkan perawatan.

Tanpa pemeliharaan, lingkungan bisa berubah menjadi tempat yang berbahaya bagi kehidupan manusia.

Sebagai contoh adalah saluran air pembuangan atau selokan. Aliran air di selokan haruslah terus mengalir dan tidak boleh tergenang. Jika saluran itu mampat dan air tergenang, maka bisa menjadi sarang nyamuk malaria dan bahkan hewan liar seperti ular.

Oleh karena itu, maka selokan pun harus dipelihara dan dirawat dengan baik untuk memastikan air mengalir ke tempat yang seharusnya.

Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkannya dari sampah-sampah yang tidak sengaja masuk ke saluran atau mengurangi endapan tanah/lumpur supaya air mengalir dengan lancar. Meminta jasa petugas tidaklah murah dan lumayan besar biaya yang harus dikeluarkan.

Sebuah kegiatan kerja bakti yang dilaksanakan secara rutin bisa menjadi pemecahannya. Biaya pemeliharaan bisa dihilangkan saat semua anggota masyarakat di sebuah lingkungan mau menyumbangkan tenaga mereka untuk mengerjakannya.

Manfaat Kerja Bakti Bagi Lingkungan - gaya hidup ramah lingkungan

Manfaat Kerja Bakti

Ada banyak sekali manfaat kerja bakti, baik bagi lingkungan dan kehidupan manusia. Beberapa yang manfaat kerja bakti yang bisa disebutkan adalah sebagai berikut :

  1. Lingkungan menjadi bersih karena selalu terpelihara dan terawat
  2. Sumber penyakit, seperti malaria, demam berdarah bisa dihilangkan dan hal ini mengurangi kemungkinan penyebaran penyakit
  3. Penghematan biaya : bila masing-masing warga mau menyumbang sedikit tenaga, maka tidak perlu lagi membayar ongkos petugas untuk membersihkan lingkungannya
  4. Menjadi wadah silaturahmi antar warga : dengan ikut dalam kegiatan ini, warga yang satu bisa bertemu dan berbincang satu dengan lainnya. Hal itu akan memperkukuh silaturahmi antar warga
  5. Membuat lingkungan menjadi nyaman dan indah : dengan tidak adanya ilalang, taman tertata dengan baik, maka sebuah lingkungan akan menjadi enak dilihat dan nyaman untuk ditinggali
  6. Mengajak anak-anak dalam kegiatan ini memungkinkan mereka saling mengenal satu dengan yang lain dan mengajarkan tentang bagaimana menjaga lingkungan dan alam

Jangan pernah remehkan manfaat kerja bakti. Banyak disepelekan, tetapi mungkin karena mereka tidak menyadari kegunaan kegiatan ini.

Jadi, kalau ada undangan kerja bakti, janganlah mencari alasan untuk menghindarinya. Apalagi kalau Anda ingin menjadi seseorang yang bergaya hidup hijau. Kerja bakti adalah salah satu wujud nyata gaya hidup ramah lingkungan.

Share tulisan ini untuk membantu lingkungan

admin

Related post