Hari Harimau Internasional : 29 Juli

 Hari Harimau Internasional : 29 Juli
Hari Harimau Internasional 29 Juli

Tahukah Anda kalau pada tanggal 29 Juli dunia memperingati sebuah hari khusus? Memang bukan merupakan hari libur, tetapi pada tanggal tersebut dunia diingatkan terhadap sebuah kekayaan alam dan mengagumkan yang sedang dalam kondisi terancam kepunahan.

Tanggal 29 Juli sudah ditetapkan sebagai Hari Harimau Internasional. Tanggal ini dianggap sebagai sebuah tonggak sejarah untuk sebuah kerjasama bersama dari berbagai negara untuk menyelamatkan karnivora berbulu belang-belang ini dari ancaman kepunahan .

Jumlah harimau sejak tahun 1910 terus menurun akibat perburuan liar, perusakan hutan, dan semakin banyaknya manusia telah menempatkan harimau dalam kondisi kritis. Dan, hal ini mengkhawatirkan banyak pihak akan kemungkinan punahnya satu jenis hewan lagi dari muka bumi.

Untuk itulah, pada tanggal ini tahun 2010, di Rusia diadakan Konferensi Tingkat Tinggi Harimau. Dalam konferensi ini diputuskan untuk melakukan usaha bersama untuk melipatgandakan jumlah hewan ini pada tahun 2022.

Keputusan penetapan Hari Harimau Internasional dilakukan untuk terus membangkitkan kesadaran terhadap bahaya yang mengancam si loreng. Berbagai pihak, baik pemerintah, organisasi pecinta lingkungan, selebriti turut serta dalam berbagai kerjasama ini. Bahkan, beberapa negara dimana tidak memiliki habitat harimau pun, seperti Eropa dan Amerika Serikat pun ikut serta di dalamnya.

Sejak ditetapkannya Hari Harimau Internasional, dan tentunya kerja keras dari berbagai pihak, sudah terjadi perbaikan terhadap habitat harimau di beberapa negara. Salah satunya di India dimana 75% dari populasi harimau dunia ada, terjadi peningkatan hampir 100%.

Pada tahun 2010, saat Konferensi Harimau diadakan, jumlah hewan ini di India hanya 1,706 ekor saja, tetapi diharapkan pada tahun 2019, angkanya bisa mencapai 2796 ekor.

Share tulisan ini untuk membantu lingkungan

admin

Related post