Hari Air Sedunia : Mengingatkan Makna Pentingnya Air Bersih Bagi Kehidupan

Hari Air Sedunia adalah hari peringatan yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai sarana menarik perhatian terhadap pentingnya air bersih bagi umat manusia dan pengelolaan yang berkelanjutan terhadap berbagi sumbernya. Hari ini jatuh pada tanggal 22 Maret setiap tahunnya.

Penetapan tanggal tersebut ditetapkan pada tahun 1992 pada Sidang Umum Majelis Umum PBB sebagai tanggapan terhadap usulan dari United Nations Conference on Environment and Development (UNCED)-Konferense PBB Tentang Lingkungan dan Pembangunan. Peringatan Hari Air Sedunia pertama kali dilakukan setahun setelahnya, 1993.

Latar Belakang Hari Air Sedunia

Air bersih adalah kebutuhan utama bagi manusia untuk dapat bertahan hidup. Tidak ada manusia yang dapat hidup tanpa air, untuk minum, mandi, mencuci, dan lain sebagainya. Oleh karena itu setiap orang berhak mendapatkan akses terhadap sumber air bersih bagi kehidupannya.

Sayangnya, pada kenyataannya, masih tidka terhitung orang yang sulit mendapatkan akses terhadap sumber air bersih yang pada akhirnya menghadirkan kesulitan dalam menjalani hidupnya.

Penyebabnya sangat beragam, mulai dari hal yang sederhana tentang lokasinya yang jauh dari sumber air hingga kesalahan pengelolaan sumber daya air yang menyebabkan rusaknya sumber tersebut. Hal ini menimbulkan keprihatinan bagi lembaga dunia tersebut.

Untuk itulah Hari Air Sedunia, atau dalam bahasa Inggris World Water Day dicetuskan. Tujuannya untuk mengundang perhatian semua kalangan, baik personal maupun organisasi untuk ikut berperan serta untuk membantu mereka yang kesulitan sekaligus menjaga berbagai sumber air yang ada di muka bumi.

UN-Water

Mengingat Hari Air Sedunia melibatkan banyak sekali unsur dan pihak untuk memastikan tujuan akhirnya terlaksana, pad atahun 2003, dibentuk sebuah badan koordinasi yang dikenal dengan UN-Water. Badan ini dibentuk setelah pelaksanaan Pertemuan Dunia Tentang Pembangunan Yang Berkelanjutan (World Summit on Sustainable Development)

UN-Water adalah singkatan dari United Nation Water, badan antar agensi yang merupakan koordinator bagi semua stakeholder dalam pelaksanaan segala usaha dan tindakan yang berkaitan dengan Dunia Air, baik sumber air di darat dan di laut. Badan ini merupakan penanggungjawab dalam pelaksanaan peringatan Hari Air Sedunia.

Tema Hari Air Sedunia

Tema untuk perayaan Hari Air Sedunia akan berbeda setiap tahunnya. UN-Water akan menjadi pihak yang menentukannya sejak tahun 2003.

Badan ini sejak tahun 2015 mengeluarkan tema sebagai berikut :

  • Tema tahun 2015 : Water anf Sustainable Development (Air dan Pembangunan Yang Berkelanjutan)
  • Tema Tahun 2016 : Water and jobs (Air dan Pekerjaan)
  • Tema Tahun 2017  : (Why) Wastewater (Mengapa Membuang Air”)
  • Tema Tahun 2018 : Nature-based Solutions for Waters (Solusi Berbasis Alam Untuk Perairan)

Bentuk Perayaan Hari Air Sedunia

Bentuk perayaan Hari Air Sedunia bervariasi di setiap daerahnya. Tidak ada patokan standar tentang bagaimana sebuah negara harus melaksanakannya.

Ada yang berbentuk aksi-aksi teatrikal untuk mengingatkan pentingnya peran air bagi kehidupan manusia, pagelaran musik, bahkan acara-acara yang bersifat edukasi yang berkaitan dengan air.

Seperti foto dari Perayaan Hari Air Sedunia di Kenya tahun 2009 ini yang berupa paduan suara di tengah keramaian.

Perayaan Hari Air Sedunia world water day
Hari Air Sedunia 2009 di Kenya – Foto Wikimedia Commons
Share tulisan ini untuk membantu lingkungan

admin

Related post