Di Kota Ini, Anda Harus Membawa Kantung Belanja Sendiri

Anda Harus Membawa Kantung Belanja Sendiri di Kota San Jose

San Jose nama kotanya. Sebuah kota berpenduduk kurang lebih sama dengan Bogor, yaitu sedikit di atas 1 juta orang di negara bagian California, Amerika Serikat.

Kota ini sejak 1 Januari 2012 telah mengeluarkan sebuah peraturan yang bernama cukup unik, yaitu BRING YOUR OWN BAG ORDINANCE, yang jika diterjemahkan di dalam bahasa Indonesia menjadi PERATURAN “BAWA SENDIRI KANTUNG BELANJAMU”. Inti dari peraturan ini adalah setiap orang yang berbelanja harus membawa kantung belanja sendiri.

Asal mula peraturan ini keluar adalah karena pemerintah kota melihat banyak sekali sampah kantung plastik bertebaran di kota tersebut. Tentunya, hal tersebut disadari sangat mengganggu pemandangan dan juga berbahaya pada lingkungan karena plastik tidak mudah terurai secara alami di tanah dan harus melalui pengolahan khusus.

Demi mencapai tujuan inilah, mulai tahun tersebut semua orang yang berbelanja diharuskan membawa kantung belanja sendiri. Bahkan, hal itu berlaku pada toko yang menjual makanan siap saji serta tidak menyediakan kantung kertas, seperti yang biasa ditemukan di restoran fast food di Indonesia.

Alasannya karena peraturan BAWA SENDIRI KANTUNG BELANJAMU menetapkan :

  1. Setiap toko atau usaha retail (eceran) dilarang memberikan atau menjual kantung plastik apapun kepada pembeli
  2. Kantung belanja kertas diperkenankan untuk “dijual” kepada pembeli dengan harga “MINIMUM” US Cents 10.- atau sekitar Rp. 1.200.- dengan kurs saat ini. Itupun dengan syarat mengandung 40% kertas yang bisa didaur ulang.
  3. Kantung belanja kertas pun harus bisa 100% di daur-ulang termasuk pegangannya
  4. Pada kantung kertas yang dijual harus tercantum tulisan “Reuseable” atau “Recyclable” serta harus mencantumkan nama produsen kantung belanja tersebut dan juga persentase konten dari bahan daur ulang yang dipergunakan

Alasan dari keluarnya peraturan ini ada dua hal :

a. Kantung Plastik

Kebiasaan buruk para pengguna kantung plastik adalah membuangnya di sembarang tempat sehingga kota menjadi kotor karena ceceran kantung plastik.

Hal ini secara ekologis juga berbahaya karena sulit terurainya plastik secara alami . Kalaupun bisa terurai, maka dibutuhkan waktu puluhan tahun dan juga hasil penguraian akan mencemari tanah dan air.

Plastik memerlukan pengolahan khusus agar tidak membahayakan lingkungan.

b) Kantung belanja kertas

Anda harus membawa kantung belanja sendiri - kantung belanja kertasMungkin di Indonesia akan banyak yang heran mengapa penggunaan kantung belanja kertas pun diatur sedemikian ketatnya.

Tetapi, dalam masyarakat yang sudah sadar lingkungan, tentunya akan menyadari bahwa untuk menghasilkan kertas dibutuhkan pengorbanan banyak pohon.

Mayoritas kertas dibuat dari bahan kayu, yang tentunya bila semakin besar jumlah kertas yang dipergunakan, maka akan semakin banyak pohon yang menjadi korban.

Untuk itulah maka penggunaan bahan daur ulang menjadi syarat pemakaian kantung belanja kertas. Itupun masih tidak diberikan gratis dan tetap harus dibayar konsumen.

Peraturan ini mendorong agar setiap orang berbelanja sekaligus memikirkan lingkungan. Semua orang diharuskan membawa kantung belanja sendiri yang tentunya bisa dipergunakan berulang kali. Sesuatu yang tentunya akan membantu mencegah penambahan sampah berbahaya bagi lingkungan.

Oleh karena itu, Kawan. Jika Anda kebetulan pergi ke San Jose, janganlah meminta kantung plastik seperti yang biasa dilakukan di Indonesia. Kasirnya mungkin akan menanyakan apakah Anda membawa kantung belanja.

author

Author: