Beyond Fried Chicken – Nugget Ayam Dari Sayuran

Kalau Anda pergi ke gerai Kentucky Fried Chicken, pastinya Anda berniat untuk menikmati berbagai hidangan berbahan baku ayam. Entah ayam goreng crispy atau nugget, yang pasti semua terbuat dari daging ayam. Memang itulah ciri khas dari perusahaan siap saji terkemuka asal Paman Sam ini.

Hanya saja, mungkin di masa depan, bisa jadi sebenarnya nugget yang Anda nikmati sebenarnya bukan terbuat dari daging ayam. Sangat bisa jadi nugget ayam yang Anda nikmati terbuat dari sayuran.

Pada tanggal 27 Agustus 2019 yang lalu, salah satu gerai KFC mengadakan uji coba bekerja sama dengan Beyond Meat, yang merupakan perusahaan produsen daging sintetis dari nabati. Gera yang berlokasi di Atlanta itu menawarkan menu baru bernama Beyond Fried Chicken.

Menu ini pada dasarnya sama dengan nugget ayam yang biasa dijual, tetapi tidak terbuat dari daging hewan tersebut. Bahan bakunya adalah sayuran.

Latar belakang tentang mengapa uji coba ini dilakukan tidak diungkap, tetapi sangat mungkin untuk memperkenalkan menu baru bagi kaum vegan/vegetarian. Meski bukan tidak mungkin juga berlandaskan pada pemikiran untuk menekan polusi.

Berdasarkan penelitian beberapa tahun belakangan ini, peternakan dianggap ikut berperan sebagai penyumbang polutan yang mengotori bumi dan udara. Oleh karena itu, banyak pandangan ekstrim bahwa untuk menjadi ramah lingkungan, seseorang harus sebisa mungkin tidak makan daging.

Pembuatan daging sintetis berbahan sayuran ini ditengarai sebagai usaha untuk tetap memberikan apa yang diminta oleh pembeli tetapi dengan material yang terbuat dari sesuatu yang lebih ramah lingkungan, sayuran.

Uji coba ini terbilang sukses karena penjualan Beyond Fried Chicken sendiri habis hanya dalam waktu 5 jam saja.

Meskipun demikian tetap ada pro dan kontra. Ada yang memuji langkah tersebut, dan ada yang memandangnya sebagai sebuah tindakan yang aneh dan tidak masuk akal.

Orang yang pergi ke gerai Kentucky Fried Chicken berharap untuk bisa menikmati daging ayam, dan bukan daging buatan.

Silakan lihat perdebatan itu pada twitter

Yah, setidaknya di masa depan, kita bisa merasakan lezatnya daging ayam tanpa harus merasa bersalah pada lingkungan.

Share tulisan ini untuk membantu lingkungan

admin

Related post