Bersepeda Ke Tempat Kerja Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Jantung

bersepeda ke tempat kerja dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung

Begitulah faktanya. Paling tidak menurut hasil penelitian sebuah tim ilmuwan dari Glasgow, Skotlandia terbukti bahwa bersepeda ke tempat kerja mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Bukan hanya itu saja, kebiasaan yang sama juga memperkecil kemungkinan pelakunya terkena penyakit kanker hingga 45%.

Hasil penelitian yang diterbitkan pada British Medical Journal menunjukkan bahwa mereka yang rutin menggunakan sepeda untuk pergi ke tempat kerja, memiliki peluang 46% lebih rendah untuk terkena berbagai penyakit jantung.

Penelitian ini dilakukan pada lebih dari seperempat juta responden, suatu jumlah yang sangat banyak untuk sebuah survey dan dilakukan dalam rentang waktu yang panjang, yaitu 5 tahun. Mayoritas responden adalah para komuter baik yang menggunakan sepeda atau transportasi lainnya saat pergi ke kantor. Data yang dikumpulkan berasal dari 22 pusat pengumpulan data yang tersebar di Inggris, Skotlandia, dan Wales.

Komuter Aktif

Selama periode penelitian, ditemukan fakta bahwa mereka yang “aktif”, atau lebih banyak bergerak saat menuju ke tempat kerja, memiliki peluang lebih rendah untuk terkena penyakit terkait jantung dibandingkan yang diam atau statis.

Tim ilmuwan tersebut menemukan bahwa mereka yang bersepeda 30 mil atau 48 kilometer per minggu berpeluang lebih besar dari terkena penyakit jantung. Hal yang sama juga ditemukan pada mereka yang aktif berjalan secara rutin sejauh 6 mil atau 10-11 kilometer per-minggu.

Lebih jauh lagi, resiko terkena penyakit jantung akan berkurang jika jarak yang ditempuh lebih dari yang disebutkan di atas.

Dr. Jason Gill dari Universitas Glasgow mengatakan bahwa data-data yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bukti bahwa pekerja kantor yang bergerak secara aktif, terutama yang bersepeda, lebih mungkin terhindar dari penyakit-penyakit di atas.

Tidak Perlu ke Gym

Clare Hyde dari Pusat Kanker Inggris menekankan bahwa hasil penelitian ini memberikan bukti tentang pentingnya membangun kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari untuk menghindarkan diri dari penyakit jantung.

Pergi ke gym memang membantu, tetapi rasa malas kerap menghambat. Tetapi, hal itu tidak perlu dihadapi kalau dilakukan setiap hari pada saat pergi ke tempat kerja. Mau tidak mau, hampir setiap orang harus berangkat ke kantor atau sekolah setiap harinya.

Dan, jika hal itu dilakukan dengan bersepeda atau berjalan kaki, maka hal-hal kecil seperti itu bisa membuat perbedaan yang besar bagi kesehatan manusia dan menekan resiko terkena serangan jantung.

Tags:
author

Author: