Bahaya Puntung Rokok Bagi Lingkungan, Manusia, dan Binatang

Gembar-gembor tentang bahaya rokok sepertinya bukan hal aneh dan sudah dilakukan oleh banyak pihak, keluarga, dokter, dan banyak instansi pemerintah. Mayoritas dari mereka menekankan efek merokok bagi manusia. Sayangnya,  ada satu hal yang kurang mendapat penekanan dalam kampanye anti rokok, yaitu tentang bahaya puntung rokok bagi lingkungan, manusia, dan binatang.

Kenyataannya, banyak penelitian membuktikan bahwa bukan hanya rokoknya saja yang berbahaya. Puntung rokok juga menimbulkan dampak negatif bagi manusia, meski tidak secara langsung mengenai organ bagian tubuh dan lebih kepada lingkungan sekitar, tetapi pada akhirnya bisa menyebabkan berbagai hal yang tidak kalah berbahaya.

Hal-hal ini menunjukkan bahaya puntung rokok bagi lingkungan, manusia dan binatang

Ada beberapa hal yang tidak disadari dari sebuah puntung rokok yang sebenarnya berbahaya bagi lingkungan sekitar.

Tidak bisa terurai secara alami

Puntung rokok, terutama yang berupa filter, terbuat dari serat acetat, kertas, dan juga karbon aktif.

Kecuali kertas, bahan-bahan lain tidak bisa terurai secara alami di dalam tanah. Kalaupun bisa terurai dalam waktu lama, zat-zat hasil penguraian akan bersifat racun dan menyebabkan pencemaran terhadap tanah.

Bersifat racun

Filter atau puntung rokok, biasanya merupakan bagian yang menyaring asap agar racunnya berkurang sebelum masuk ke dalam tubuh seorang perokok.

Otomatis, hal itu membuat filter tersebut mengandung racun. Banyak racun karsinogen , tar, dan paling tidak 20 bahan kimia berbahaya lainnya terkandung di dalam sebuah puntung rokok.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sebuah puntung rokok yang dilemparkan ke dalam air berisi ikan dan menyebabkan setengah dari ikan yang ada didalamnya mati dalam sebuah percobaan di dalam sebuah laboratorium.

Sebuah puntung rokok, jika tertelan oleh seorang anak kecil bisa menimbulkan rasa mual dan menyebabkannya muntah-muntah.

Bahaya Kebakaran

Bukan sebuah hal yang tidak umum ketika melihat atau membaca bangunan atau hutan yang terbakar karena puntung rokok.

Keteledoran manusia bukanlah barang baru dan sejarah mencatat banyak sekali kebakaran yang menimbulkan korban jiwa hanya karena seorang ceroboh membuang puntung rokok sembarangan. Contoh kasusnya seperti kebakaran yang terjadi di Fort Collins, Denver, Amerika Serikat, dimana 150 akre area pertanian , meski tidak menimbulkan korban jiwa tetapi kerugian yang ditimbulkan lumayan besar.

Kebersihan Lingkungan

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa 25-50% puntung rokok ditemukan bukan di tempat sampah, tetapi di jalan, taman, pantai dan tempat publik lain yang sebenarnya bukan tempat puntung rokok.

Hal ini menimbulkan masalah kebersihan dimana-mana karena kecenderungan perokok adalah melemparkan puntungnya seenaknya.

Mungkin terlihat kecil, tetapi bahaya puntung rokok bagi lingkungan, manusia, dan binatang sebenarnya sangat besar. Jelas sangat besar.

Setiap tahunnya, manusia membuang antara 4.3 – 5.6 trilyun puntung rokok. Jika diubah menjadi berat, maka berat seluruh puntung rokok yang dibuang selama setahun adalah 1.69 trilyun pon atau sekitar 845.000.000 kilogram, atau sama dengan 845.000 ton.

Angka tersebut berarti sama dengan 8-9 kali berat kapal induk Anerika Serikat dari Kelas Nimitz, yang sanggup membawa 80-90 pesawat dan lebih dari 5000 awak kapal.  Dan, jumlah ini bertambah setiap tahunnya seiring dengan bertambahnya jumlah perokok di seluruh dunia.

Sebuah angka yang seharusnya menunjukkan betapa besar ancaman bahaya puntung rokok bagi lingkungan, manusia dan hewan.

Share tulisan ini untuk membantu lingkungan

admin

Related post