4 Jenis Penghargaan Adipura

Penghargaan Adipura atau kerap disebut dengan Piala Adipura adalah sebuah penghargaan yang diberikan kepada “Kota” di Indonesia yang dianggap berhasil dalam penataan dan pengelolaan kebersihan dan lingkungannya. Tujuan pemberian penghargaan ini adalah untuk mendorong pemerintah kota untuk menjadikan kota mereka bersih dan memiliki lingkungan yang nyaman untuk ditinggali.

Kota yang dimaksud dalam hal ini bukan hanya kota otonom atau wilayah yang secara resmi disebut Kota, tetapi juga bagian dari Kabupaten yang memiliki struktur dan ciri sebuah kota.

Penghargaan ini diberikan setelah dilakukan penilaian oleh penyelenggara, dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, terhadap kota peserta.

Pertama kali diadakan pada tahun 1986. Meski sempat terhenti pada tahun 1998, program penghargaan ini dilanjutkan kembali pada tahun 2002 hingga sekarang.

Adapun beberapa kriteria yang dinilai, seperti pengelolaan sampah, tersedianya 30% ruang hijau, perawatan ruang publik, Daerah Aliran Sunga yang terjaga, dan banyak lagi lainnya.

Berdasarkan pemenuhan terhadap standar yang telah ditetapkan inilah, maka sebuah kota akan diberikan salah satu dari 4 jenis penghargaan Adipura di bawah ini, yaitu :

  1. Adipura Kencana : penghargaan ini diberikan kepada kota yang pencapaiannya melebihi apa yang ditetapkan sebagai standar kota Adipura, salah satu contoh di tahun 2017-2018, Kota Surabaya dianugerahi penghargaan ini
  2. Adipura : penghargaan ini diberikan kepada kota yang memenuhi standar dan kriteria pengelolaan lingkungan yang sudah ditetapkan
  3. Sertifikat Adipura : penghargaan ini dianugerahkan kepada kota yang mengalami peningkatan penilaian dalam pengelolaan lingkungan dibandingkan dengan periode / tahun sebelumnya
  4. Plakat Adipura : diberikan kepada kota yang memiliki sarana atau prasarana terkait dengan pengelolaan lingkungan atau ruang publik yang terbaik, seperti tempat pemrosesan akhir (TPA), terminal bis, taman kota, dan sebagainya

Itulah 4 jenis penghargaan Adipura.

Share tulisan ini untuk membantu lingkungan

admin

Related post